SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA

 

  Statistik Pengunjung :

  counter widget

  Bagikan Ke Teman

 
 

 

Artikel Bapak Ibu Guru :

 

Kegiatan Diskusi Kelompok

Tumbuhkan Semangat Belajar PPKn

Oleh: Fari Mufaricha, S.Pd

Guru PPKn SMP PGRI 1 Buduran

 

Belajar PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) sering dirasa membosankan bagi peserta didik, karena proses belajar selalu menggunakan metode ceramah. Untuk menghilangkan rasa kebosanan dalam belajar guru mengubah metode melalui diskusi kelompok dengan menggunakan media film, video atau gambar yang berkaitan dengan materi dalam PPKn. Dapat dilihat dalam proses belajar PPKn kelas VII guru mengajak peserta didik belajar materi norma dengan menjelaskan macam-macam norma dan menunjukkan contoh penyimpangan norma yang terjadi dalam lingkungan sekolah, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya dan berperilaku curang saat ujian.

Melalui diskusi kelompok peserta didik diajak berinteraksi dan memberikan pendapat untuk  menemukan penyebab terjadi penyimpangan norma yang terjadi di sekolah dan memberikan solusi supaya perbuatan tesebut tidak terulang lagi. Sebab, norma mempunyai peran penting dalam proses belajar PPKn. Norma merupakan aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat atau kaidah hidup yang mempengaruhi tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Juga, mengatur tingkah laku peserta didik di sekolah untuk mentaati peraturan sekolah.

Peserta didik tidak hanya diajari berdiskusi tentang penyimpangan terkait norma, tetapi juga melatih anak sejak dini dengan memberikan contoh perilaku yang baik seperti memberikan contoh kepada anak membuang sampah pada tempatnya, menaati tata tertib sekolah dengan cara disiplin, menghormati teman yang sedang beribadah, bersikap jujur saat ujian, mengucapkan salam kepada orang tua  dan guru dengan harapan menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa berperilaku sesuai dengan norma. Melalui diskusi ini diharapkan bisa memberikan semangat peserta didik untuk belajar PPKn dengan giat. Mengajak peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah  dan tidak menyimpang dari norma. ***

 

<< Kembali