SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA

 

  Statistik Pengunjung :

  counter widget

  Bagikan Ke Teman

 
 

 

Artikel Bapak Ibu Guru :

 

Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah

Oleh: Imnatus Jumroh, S.Pd

Guru Prakarya SMP PGRI 1 Buduran

 

SMP PGRI 1 Buduran sangat serius dalam pemanfaatan sampah kering terutama botol plastik bekas di mana peserta didik dibudayakan untuk lebih peka terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan saling berlomba mengumpulkan botol bekas tiap kelasnya. Kegiatan ini diharapkan mendidik para peserta didik SMP PGRI 1 Buduran agar mampu mengelola sampah agar menjadi sebuah produk kerajinan dari barang bekas atau sampah.

Kami melakukan pemilihan dan pengolahan sampah khususnya botol-botol bekas  yang dapat dikatakan sebagai kategori sampah yang sulit terurai menjadi sebuah kerajinan seperti bunga dari botol bekas,  lampion dari gelas es krim, kulit jagung dijadikan bunga, kulit bawang putih di jadikan bunga. Dengan begitu tidak ada lagi tumpukan sampah yang berserakan di area sekolahan dan juga lingkungan sekolah terhindar dari sarang penyakit, menjaga kelestariaan lingkungan sekolah SMP PGRI 1 Buduran.

Dengan adanya pemilihan sampah yang dijadikan sebagai kerajinan, diharapkan bisa  meningkatkan motivasi peserta didik untuk melakukan sebuah kreasi yang inovatif dari sampah  organik sehingga bisa menjadi nilai jual, mengajak peserta didik untuk berwirausaha. ***

 

<< Kembali