SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA


 

Berita Terpoluler

 

SMP PGRI 1 Buduran Sambut Tahun Baru 1438 Hijriyah
TINGKATKAN AMAL IBADAH

Dalam pergantian tahun baru Islam 1439 Hijriyah, SMP PGRI 1 Buduran melaksanakan beberapa kegiatan keagamaan.
"Saya mengajak Bapak/Ibu Guru (tenaga pendidik), tenaga kependidikan, dan peserta didik untuk meningkatkan amal ibadah pada pergantian tahun baru Islam (Hijriyah) ini,"kata Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM di ruang guru, Rabu, 20 September 2017.
Kegiatan yang dilaksanakan di antaranya: Sujud syukur, membaca Alquran Surat Yaasin dan salawat Nariyah 3 hari berturut-turut, doa akhir tahun, doa awal tahun, dan sujud syukur. Juga, dianjurkan untuk puasa sunnah bulan Muharam.
Setiap hari, pembacaan Surat Yaasin dan salawat Nariyah dipimpin oleh guru agama Mokhamnad Fauzi, S.Pd.I. Pembacaan ayat-ayat Alquran ini dilakukan oleh seluruh warga sekolah yang muslim. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)
Prestasi Pramuka Penggalang SMP PGRI 1 Buduran
JUARA 1 KOBBAR KABUPATEN SIDOARJO

Prestasi membanggakan diraih oleh Regu Inti Singa Pramuka Penggalang Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran.
Mereka meraih Juara 1 Lomba Kobbar (Baris Berbaris Bertongkat) se-Kabupaten Sidoarjo yang diselenggarakan oleh STKIP PGRI Sidoarjo, Minggu, 10 September 2017.
Regu Singa hasil binaan Kak Dra. Liliek Tri Utami, Kak Drs. Subari, dan Kak Lukman Hakim, S.Pd itu meraih nilai total 3117 (juri 1: 1054, juri 2: 1023, juri 3: 1040).
Adapun indikator yang dinilai dalam Lomba PBB Bertongkat Kobbar Scout IV/2017 itu yaitu: gerakan di tempat, gerakan pindah tempat, gerakab berhenti ke berjalan, gerakan berjalan ke berjalan, yel-yel, performance pasukan, komandan peleton, dan seragam.
Adapun Regu Inti Putri Pramuka Penggalang Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran harus puas hanya meraih Juara Harapan 3. Dengan nilai total 2794.

Apresiasi Kepala Sekolah
Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM sangat mengapresiasi atas kesuksesan Regu Inti Pramuka Putra dan Regu Inti Pramuka Putri yang meraih juara tersebut. "Selamat dan sukses selalu kepada Pramuka SMP PGRI 1 Buduran yang telah sukses menjadi juara,"ujar Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM.
Sebagai apresiasi, setelah kegiatan upacara bendera kelas 7, dilaksanakan penyerahan 2 piala dari Regu Inti Pramuka Putra dan Putri kepada Kepala Sekolah.
Dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumen sekolah. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)
Program Sabtu Bersih SMP PGRI 1 Buduran
PENANAMAN KARAKTER KEBERSIHAN

Untuk menanamkan karakter kebersihan, SMP PGRI 1 Buduran melaksanakan Program Sabtu Bersih pada hari Sabtu pagi, 9 September 2017.
"Program Sabtu bersih ini untuk membiasakan pederta didik hidup bersih dan sehat. Bukankah, bersih itu pangkal sehat. Program ini akan dilaksanakan sekali dalam sebulan,"kata Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM.
Memang, Sabtu pagi itu setelah latihan Pramuka kelas 8, seluruh warga sekolah bergotong-royong, bekerja bakti membersihkan ruang kelas, teras kelas, dan halaman sekolah.
Memang, penanaman karakter selalu menjadi perhatian SMP PGRI 1 Buduran. Yakni: karakter kedisiplinan, sopan-santun, kejujuran, tanggung jawab, dan kebersihan.
Peserta didik pun dengan riang gembira membersihkan ruang kelas, teras kelas, halaman sekolah, dsb. Dengan dibimbing oleh bapak/ibu guru pendidik.
Hasilnya, luar biasa. Kelas dan lingkungan menjadi bersih, sehat, raopi, dan indah.
Selain itu, pada diri peserta didik bisa tertanam karakter kebersihan. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

TINGKATKAN IMAN DAN TAKWA

Ibadah Kurban SMP PGRI 1 Buduran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada Hari Raya Idul Adha 1438 H, SMP PGRI 1 Buduran melaksanakan ibadah penyembelihan binatang kurban sapi dan kambing.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 4 September 2017 di halaman sekolah.
"Selain mengikuti sunah Nabi Ibrahim AS, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa warga sekolah, khususnya para peserta didik,"ujar Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM di hadapan para guru.
Hadir pada acara tersebut para bapak/ibu guru pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.
Warga sekolah pun bergotong-royong bersama-sama memotong daging sapi dan kambing.
Daging binatang kurban pun dibagikan kepada yang berhak menerimanya. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Pembekalan Perdana Calon Pengurus OSIS SMP PGRI 1 Buduran

Sebanyak 60 orang calon pengurus OSIS SMP PGRI 1 Buduran diberi pembekalan perdana materi sesuai silabus kurikulum OSIS. Hadir pada pembukaan acara tersebut: Wakil Kepala SMP PGRI 1 Buduran Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si; Kaur Kesiswaan Dra.Liliek Tri Utami; Kaur Sarana Prasarana Erwin Novianto, S.Pd; Kaur Humas Drs. Koesmoko; staf Urusan Kurikulum Didik Sulistiono, S.Kom dan H. Indra Atma Nugraha; Koordinator BK Dra. H. Eva Wahyuda, M.Pd, dan Siti Tri Mudayana, S.Pd.

 

Pada hari pertama, Minggu, 3 September 2017 tersebut, para peserta mendapat 3 materi.
Pembinaan Pendidikan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, serta Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bina/Bela Negara oleh Drs. Koesmoko.

 

< Klik gambar untuk melihat isi  Materi>

 

 

 

Pembinaan Pendidikan Kepribadian dan Budi Pekerti oleh Dra. Hj. Eva Wahyuda, M.Pd.

 

< Klik gambar untuk melihat isi  Materi>


Secara lengkap para calon pengurus OSIS tersebut akan mendapatkan penyampaian materi: ketakwaan, pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara, pembinaan pendidikan pendahuluan bina/bela negara, pembinaan kepribadian dan budi pekerti luhur, pembinaan organisasi, pendidikan politik, dan kepemimpinan, pembinaan ketrampilan dan kewirausahaan, pembinaan kesegaran jasmani dan daya kreasi seni, serta lingkungan hidup. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Takbir Keliling Hari Raya Idul Adha

Peserta didik SMP PGRI 1 Buduran ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Takbir Keliling menyambut Hari Raya Idul Adha, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kamis malam, 31 Agustus 2017. Mengusung tema: Meningkatan iman dan taqwa untuk mewujudkan prestasi yang gemilang.
Sebanyak 60 orang peserta didik kelas 7, 8, dan 9 mengikuti kegiatan tersebut dengan khidmat.
Dengan guru pendamping: Dra. Liliek Tri Utami dan Erwin Novianto, S.Pd. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Penyerahan Hadiah untuk Bapak/Ibu Guru

Selain menyelenggarakan lomba-lomba untuk peserta didik, dalam memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, SMP PGRI 1 Buduran juga mengadakan lomba untuk Bapak/Ibu Guru Pendidik.
Penyerahan hadiah dilaksanakan oleh Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM kepada para pemenang lomba. Dilakukan di ruang guru, Kamis, 31 Agustus 2017.
Adapun para juaranya sebagai berikut:

 

  1. Juara 1 Bola Voli Tim C: Bapak Didik Sulistiono, Bapak Mokhammad Fauzi, Bapak Abdul Basir, Ibu Livi Eka Yuslia Fendi, Ibu Hj. Rini Setyaningsih.

  2. Juara 2 Bola Voli Tim A: Bapak Viky Dwi Irawan, Bapak Erwin Novianto, Ibu Liliek Tri Utami, Ibu Lasmi.

  3. Juara 3 Bola Voli Tim B: Bapak Muklas, Bapak Lukman Hakim, Ibu Eny Riana, Ibu Rukistin.

  4. Juara 3 Bola Voli Tim D: Bapak Indra Atma Nugraha, Bapak Jamirullah, Ibu Eva Wahyuda, Ibu Willa; Ibu Bogie.

  5. Juara 1 Gobak sodor: Ibu Ayusti Reza Alam, Ibu Livi Yuslia Fendi, Ibu Mey Dwi, Ibu Siti Tri Mudayana.

  6. Juara 2 Gobak sodor: Ibu Rukistin Kartika Bayu, Ibu Siti Nurifa, Ibu Santi, Ibu Dewi Harnum.

  7. Juara 3 Gobak sodor: Ibu Eny Riana, Ibu Lilik Andriani, Ibu Anis Windiartini, Ibu Maulidiyah Setyo Yuniwati. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Work Shop Manajemen Pendidikan Inklusif SMP PGRI 1 Buduran
PELOPOR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF

SMP PGRI 1 Buduran secara mandiri menyelenggarakan Work Shop Manajemen Pendidikan Inklusif. Yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd mewakili Kepala Dinas, Rabu, 23 Agustus 2017.
Hadir juga pada pembukaan tersebut Kepala SMP PGRI 1 Buduran Drs. H. Abdul Sjukur, MM; Ketua Panitia Dra. Eva Wahyuda, M.Pd; dan para guru peserta pelatihan.
Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM menyebutkan, work shop tersebut wajib diikuti oleh para guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Dengan harapan semuanya bisa memberikan layanan terbaik kepada peserta didik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).
"Tenaga tata usaha dan pustakawan pun harus melayani anak ABK dengan baik dan benar. Semua instrukturnya dari Tim Pokja Inklusif Provinsi Jatim,"katanya.
Ketua Panitia Dra. Eva Wahyuda, MM melaporkan, work shop dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 23 - 26 Agustus 2017. Diikuti oleh sebanyak 50 orang pendidik dan tenaga kependidikan SMP PGRI 1 Buduran, ditambah 4 orang pendidik SMP PGRI 4 Waru.
"Pelatihan secara mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik ABK. Khususnya terkait dengan keberadaan SMP PGRI 1 Buduran sebagai sekolah inklusif,"ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd dalam sambutannya mengutarakan, pihaknya mengapresiasi SMP PGRI 1 Buduran yang menjadi pelopor penyelenggara pendidikan inklusif.
"Saya berharap work shop ini meningkatkan kompetensi profesional dan paedagogik. Khususnya untuk melayani ABK,"katanya.
Menurutnya, paradigma ABK perlu diluruskan. Sebab, ada yang 10 di bawah rata-rata, yakni slow learner, dan ada yang 10 persen di atas rata-rata, yakni CIBI (Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa). "Kalau di luar negeri, khususnya Australia semua sekolah sudah inklusif,"ujarnya.

Adapun materi work shop sebagai berikut: Manajemen Pendidikan Inklusif dan Program Pendidikan Inklusif (Dr. Aksan Romadlon Juaidi, M.Pd); Assesment dan Identifikasi PDBK (Trima Wahyu Mulyo Basuki, M.Pd); Praktik Penyusunan Profik PDBK (Moch. Ilyas, M.Pd); Praktik Penyusunan PPI PDBK (Triworo Parniningrum, M.Pd); Kurikulum Modifikasi (Gufron, M.Pd); Praktik Penyusunan Kurikulum Modifikasi (M. Mudjiono, S.Pd); Presentasi Kurikulum Modifikasi PDBK. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

 

<<Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Next>>


 

 

 

 

  Catatan Bapak Ibu Guru :

 

 > Indra Atma

  • Tekun mencoba tanpa takut gagal

 > Drs. Koesmoko

  • Kesederhanaan dan keunikan dalam menulis, tetapi layak jual