SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA


 

Berita Terpoluler

 

PRESTASI PRAMUKA SMP PGRI 1 BUDURAN DI TINGKAT PROVINSI

Alhamdulillah. Pramuka Penggalang hasil binaan Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran, Ebenhaezer Edhi Zatma dan Arnansyah Ajie Pradana Putra terpilih sebagai perwakilan Kwarcab Kab. Sidoarjo di tingkat Provinsi (Kwarda) Jatim sebagai anggota tim 5.000 gitar Pramuka.
Menjalani karantina di Kwarda Jatim dan tampil di Gedung Negara Grahadi Pemprov Jatim dalam rangka peringatan ke-56 Hari Pramuka, 14 Agustus 2017. Semoga manfaat dan barokah. Aamiin

Lomba Peringatan HUT ke-72 NKRI MAKIN SEMANGAT DAN MAKIN SERU


Berbagai cabang lomba peringatan HUT ke-72 NKRI di SMP PGRI 1 Buduran memasuki pekan kedua semakin semangat dan seru.
Para pemain yang mewakili kelasnya didukung para suporter masing-masing semakin antusias mengikuti perlombaan.
Pertandingan semakin seru saat pesertanya bapak dan ibu guru. Peserta didik pun dengan antusias memberikan dukungan.
Pada pekan pertama sudah melaksanakan cabang lomba: bola basket, baca puisi perjuangan, futsal, membaca geguritan, lukis poster dan ilustrasi, cipta puisi, bola voli, karaoke keroncong perjuangan, dan tetembangan.
Pada pekan kedua masih menyisakan cabang lomba: gobak sodor, tarik tambang, drama tema SMP PGRI 1 Buduran, cipta cerpen, drama Bahasa Jawa, dongeng Bahasa Jawa, menghias nasi kuning, jajanan, dan buah. Juga ada cabang lomba: story telling, drama cerita rakyat, paduan suara, dan musikalisasi puisi.
Khusus untuk lomba musikalisasi puisi dilaksanakan pada pekan ketiga. Tepatnya hari Senin, tanggal 21 Agustus 2017. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Pengajian Keliling Kelas 9 B

Pengeling (Pengajian Keliling) peserta didik kelas 9 B SMP PGRI 1 Buduran dilaksanakan di rumah orangtua Naufal, Kamis sore, 10 Agustus 2017. Beralamat di Perum Oma Pesona Buduran, Sidoarjo.
Pengajian bertema "Amalan Dunia untuk menjadi Amalan Akhirat". Dibahas tentang kesehatan yang merupakan anugerah paling berharga dari Allah SWT.
Diikuti oleh 23 orang anak, dengan dibimbing oleh Ustad Mokhammad Fauzi, S.Pd.I. Didampingi  Walikelas 9 B, Dra. Luluk Koerniati. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)
Kegiatan Perdana Ekstrakurikuler Kolintang Kelas 7

Kegiatan perdana ekstrakurikuler kolintang kelas 7 SMP PGRI 1 Buduran tahun ajaran 2017/2018 dilaksanakan hari Rabu, tanggal 9 Agustus 2017 pukul 13.30 - 15.00 WIB di Ruang Kolintang.
Para peserta didik pun dengan antusias mengikuti kegiatan.
Peminatnya cukup banyak, sekitar 65 anak. Rencananya akan dipilih sekitar 27 anak.
Menurut Koordinator Kesenian SMP PGRI 1 Buduran, tujuan dari ekstrakurikuler kolintang adalah menanamkan nilai seni kepada peserta didik, berlatih disiplin, dan kerjasama. Khususnya melalui alat musik tradisional Sulawesi Utara (Manado). Dengan pelatih Ir. Agustinus.
Secara khusus Ir. Agustinus berpesan agar anak-anak yang berlatih bisa menjaga komitmen. Apalagi untuk kelas 7 sekarang potensinya bagus-bagus. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)
Alumni SMP PGRI 1 Buduran Latihan Macapatan di Museum Mpu Tantular

Alumni SMP PGRI 1 Buduran, Himawan Ubaidillah (Obet) dan Nafa Amalia (Nafa) latihan macapatan bareng Paguyuban Tembang Macapat Jenggala Manik di Museum Mpu Tantular, Selasa malam, 8 Agustus 2017.
Menurut Koordinator Kesenian SMP PGRI 1 Buduran, Dra.Luluk Koerniati, rencananya anak-anak tersebut akan ditampilkan pada saat acara perpisahan dan pengukuhan Paguyuban Jenggala Manik di Museum Mpu Tantular, Sabtu, 12 Agustus 2017.
"Pada kesempatan itu akan dilakukan serah terima Ketua Paguyuban Bapak Poer (alm) kepada Bapak Bambang. Dikukuhkan oleh Kepala Museum,"katanya.
Kepala Museum Mpu Tantular, Drs
Edi Iriyanto, MM menyebutkan, Paguyuban Jenggala Manik di bawah pembinaan Museum Mpu Tantular. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)
Rekrutmen Calon Pengurus OSIS SMP PGRI 1 Buduran

SMP PGRI 1 Buduran menyelenggarakan rekrutmen calon pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2017/2018.
Rekrutmen tersebut ditangani oleh panitia: Dra. Lilik Tri Utami (ketua); Didik Sulistiono, S.Kom; Ayu Rahmawati, S.Pd; Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si; Erwin Novianto, S.Pd; dan Indra Atma.
Ketua panitia Dra. Lilik Tri Utami mengatakan, untuk rekrutmen calon pengurus OSIS tahun ini semula telah dibagikan sebanyak 250 formulir pendaftaran. Namun, yang lolos seleksi administrasi hanya sebanyak 186 orang. Rencananya yang akan ditetapkan hanya 60 orang.
"Dalam seleksi administrasi ini, peserta tidak lolos karena tidak teliti dalam mengisi formulir. Di antaranya karena belum ada tanda tangan peserta, belum ada tanda tangan orangtua, dan tidak akurat dalam menulis nama,"katanya.
Adapun alur pemilihan pengurus OSIS sbb: (1) pengambilan formulir; (2) pengembalian formulir; (3) seleksi administrasi dan eliminasi I; (4) seleksi fisik (kesehatan, tinggi badan, dll) dan eliminasi II; (5) tes akademik dan psikotes serta eliminasi III; (6) tes PBB dan kecakapan berkomunikasi serta eliminasi IV; (7) LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) untuk pemgurus OSIS masa bakti 2017/2018.
Menurut rencana, LDKS akan dilakukan tanggal 9, 10, dan 11 Oktober 2017.
Peserta akan diberi pembekalan materi: ketakwaan, pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara, pembinaan pendidikan pendahuluan bina negara, pembinaan kepribadian dan budi pekerti luhur, pembinaan organisasi, pendidikan politik, dan kepemimpinan, pembinaan ketrampilan dan kewirausahaan, pembinaan kesegaran jasmani dan daya kreasi seni, serta lingkungan hidup. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

SEMANGAT PANTANG MENYERAH

Serunya Lomba HUT ke-72 NKRI
Dengan penuh semangat, peserta didik kelas 7, 8, dan 9 SMP PGRI 1 Buduran mengikuti berbagai lomba HUT ke-72 NKRI di sekolah.
Pada hari pertama dan kedua, Senin dan Selasa, 7 dan 8 Agustus 2016, mereka begitu antusias bertanding bola basket (penyisihan) dan baca puisi perjuangan.
Pertandingan bola basket (penyisihan) putra dilaksanakan pada hari Senin, 7 Agustus 2017. Sedangkan pertandingan bola basket (penyisihan) putri dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Agustus 2017.
Pertandingan bola basket dilaksanakan di lapangan. Adapun lomba baca puisi perjuangan dilaksanakan di ruang Aula Pandan Wangi.
Masing-masing kelas tidak hanya mengirimkan peserta didik yang menjadi atlet mewakili kelasnya. Tapi juga dengan dikoordinasi walikelas menyiapkan suporter. Dengan demikian, pertandingan pun semakin seru.
Ketua panitia Drs. Koesmoko menyebutkan, cabang-cabang lomba cukup banyak. Di antaranya olahraga, bahasa, sastra, dan seni.
Cabang-cabang olahraga: bola basket, futsal, bola voli, tarik tambang, dan gobak sodor.
Cabang-cabang bahasa, sastra, dan seni: baca puisi perjuangan, baca geguritan, lukis poster dan ilustrasi, cipta puisi, karaoke lagu keroncong perjuangan, tetembangan, drama tema SMP PGRI 1 Buduran, cipta cerpen, drama Bahasa Jawa, dongeng Bahasa Jawa, story telling, drama cerita rakyat, paduan suara, dan musikalisasi puisi.
Masih ditambah lomba tata boga/kuliner. Kelas 7: menghias buah, kelas 8: menata jajanan, dan kelas 9: menghias nasi kuning.
Keseluruhan lomba-lomba tersebut dilaksanakan mulai hari Senin, 7 Agustus sampai dengan hari Senin, 21 Agustus 2017. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Penyuluhan Binmas Polsek Buduran di SMP PGRI 1 Buduran

 

Ratusan peserta didik SMP PGRI 1 Buduran mendapat Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dari Binmas Polsek Buduran di Aula Pandan Wangi, Senin, 7 Agustus 2017.
Hadir pada kegiatan tersebut dari Polsek Buduran: Kanit Binmas AKP Titin, Aiptu Umi, dan Aiptu Nur Kholiq.
Dari SMP PGRI 1 Buduran, hadir: Kepala Sekolah Drs. H. Abdul Sjukur, MM; Kaur Kesiswaan Dra. Lilik Tri Utami, Kaur Humas Drs. Koesmoko, staf Kurikulum Didik Sulistiono, dan para Walikelas 7.
Pada penyuluhan tersebut, AKP Titin menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba dan akibat-akibat penyalahgunaan narkoba.
"Kita perlu mengetahui, memahami, dan mewaspadai narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif,"ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, Kanit Binmas Polsek Buduran juga memberikan tambahan materi tentang lalu-lintas dan kenakakan remaja.
"Penggunaan HP Android juga harus dengan bijak. Jangan disalahgunakan. Gunakan dengan baik dan benar,"jelasnya.
Di akhir presentasinya, AKP Titin menegaskan,"Negara tidak boleh kalah melawan narkoba". Disambung dengan yel-yel bersama-sama.
Kegiatan ditutup dengan foto bersama petugas dari Polsek Buduran dan bapak-ibu guru SMP PGRI 1 Buduran. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Pembukaan Lomba 17-an Yang Dibuka Oleh Kepala Sekolah

 

Semangat perjuangan kemerdekaan dibuktikan dengan kegiaatan lomba lomba antar kelas, guna menumbuhkan semangat perjuangan dan kerja keras untuk mencapai kemenangan dan cita-cita.

Dalam acara ini yang dibuka oleh Dra.Lilik Tri Utami dan diresmikan oleh kepala SMP PGRI 1 Buduran Drs.Abdul Sjukur,MM dengan pelemparan bola basket pertama ke peserta lomba

 

Peserta Didik Belajar Tari Klasik di Museum Mpu Tantular


Belasan peserta didik SMP PGRI 1 Buduran belajar menari (tari) klasik di Museum Mpu Tantular, Minggu sore, 6 Agustus 2017.
Mereka dikawal oleh guru pendamping Dra. Luluk Koerniati.
Peserta didik dilatih oleh Paguyuban Komunitas Tari Jenggala Manik Sidoarjo. Hadir pada acara tersebut: Ketua Paguyuban Bapak Bambang; Sekretaris Bapak Tanto, pelatih dan Wakil Sekretaris Lidya Iij Miadi.
Pada kesempatan tersebut, peserta didik dilatih Tari Bondan. Dengan antusias mereka pun berlatih menari.
Ketua Paguyuban Komunitas Tari Jenggala Manik Sidoarjo mengatakan, dengan belajar tari klasik diharapkan dapat muncul kecintaan terhadap seni budaya sendiri.
"Jika sekarang tari klasik Mataraman, maka untuk waktu mendatang akan dilatihkan tari klasik Jawa Timuran: Malang dan Tuban,"ujarnya. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

SMP PGRI 1 Buduran Mewakili Kwarran Buduran Lomba Protokoler


Penggalang Gugus Depan Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran mewakili Kwarran (Kwartir Ranting) Buduran dalam lomba protokoler se-Kabupaten Sidoarjo, Minggu, 6 Agustus 2017 di SMPN 2 Sidoarjo.
Lomba tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka. Tiap-tiap Kwarran mengirimkan peserta 5 orang putra dan 5 orang putri. Pemenangnya akan menjadi petugas upacara Hari Pramuka di tingkat Kabupaten Sidoarjo.
Lomba tersebut meliputi: pemimpin upacara, pembawa acara/MC, pembaca doa, pembaca Dasa Darma, dan pembaca Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945.
Pada lomba tersebut, penggalang Gugus Depan Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran didampingi pembina Kak Siti Nur Ifa. Mengikuti lomba: pemimpin upacara, MC, pembaca Dasa Darma. Para peserta diambilkan dari regu inti Pramuka.
Pembina Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran, Kak Lilik Tri Utami berpesan khusus, agar adik-adik Pramuka lebih bersemangat lagi, meski untuk sementara belum berhasil menjadi juara. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

 

<<Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Next>>


 

 

 

 

  Catatan Bapak Ibu Guru :

 

 > Indra Atma

  • Tekun mencoba tanpa takut gagal

 > Drs. Koesmoko

  • Kesederhanaan dan keunikan dalam menulis, tetapi layak jual

 >