SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA

 


 

Berita Terpoluler

 

Belajar Tembang Macapat di Museum Mpu Tantular


Puluhan peserta didik kelas 7 dan 8 SMP PGRI 1 Buduran belajar nembang (menyanyikan) tembang macapat di pendapa Museum Mpu Tantular, Sabtu sore, 5 Agustus 2017 pukul 15.30 - 16.45 WIB.
Mereka didampingi oleh guru pembimbing Dra. Luluk Koerniati dan Drs. Koesmoko.
Para peserta didik dilatih nembang macapat Pocung oleh Bapak Suwarno, S.Pd dari Komunitas Tembang Macapat Jenggala Manik Sidoarjo.
Mereka begitu antusias belajar dan berlatih. Materinya: guru gatra, guru wilangan, guru lagu, titi laras tembang Pocung (slendro) dan lirik syair tembang Pocung.
Satu persatu mereka nembang: titi laras dan syairnya.
Sang pelatih, Bapak Suwarno, S.Pd memotivasi peserta dengan bercerita sejarah tembang macapat yang umumnya hasil karya para wali, khususnya Sunan Giri atau Prabu Satmata.
"Jika anak-anak sungguh-sungguh insya Allah bisa sukses seperti Soimah, sinden kondang yang banyak rezeki,"ujarnya. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

SMP PGRI 1 Buduran Sambut Piala Adipura

Peserta didik SMP PGRI 1 Buduran ikut menyambut Piala Adipura (penghargaan kebersihan) 2017 yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dari Pemerintah Pusat.
Hari itu, Kamis, 3 Agustus 2017 sejak pukul 07.00 WIB, ratusan peserta didik SMP PGRI 1 Buduran dengan didampingi para bapak dan ibu guru pendidik berjajar rapi di tepi sebelah timur jalan raya Buduran.
Meski sinar mentari semakin menyengat, mereka tetap bersemangat menyambut kedatangan Piala Adipura.
Mereka lebih bersemangat lagi saat Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM menyalami mereka satu persatu untuk memberikan dukungan.
Sekitar pukul 09.30 WIB, barulah iring-iringan rombongan DKP (Dinas Kebersihan dan Pertaman) Pemkab Sidoarjo baru tiba di jalan raya Buduran membawa Piala Adipura.
Spontan, para peserta didik SMP PGRI 1 Buduran yang saat itu mengenakan seragam kebanggaan batik padi kapas, melambai-lambaikan tangan dengan mengangkat topi tinggi-tinggi. Sambil bersorak-sorai ikut bergembira merayakan anugerah Piala Adipura.
Para petugas DKP pun melambaikan tangan menyapa para peserta didik. (Humas SMP PGRI 1 Buduran)

Pengajian Keliling SMP PGRI 1 Buduran Dimulai Lagi
Sidoarjo, 26 Juli 2017

Pengeling (Pengajian Keliling) SMP PGRI 1 Buduran perdana tahun pelajaran 2017/2018 dimulai. Dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juli 2017. 
Sebagaimana sudah terjadwal yang melaksanakan Pengajian Keliling adalah peserta didik kelas 8 B, 8 C, 8 D, dan 8 E.
Pada hari Rabu yang lalu dilaksanakan di dua tempat.
Pertama, kelas 8 E dengan Walikelas Eny Riana, S.Pd melaksanakan pengajian keliling di Perum Graha Kuncara Blok I-23 Desa Kemiri (rumah orangtua Nanda Susanti). Dengan ustad Abdul Basir, S.Ag, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta BTQ.
Pada kesempatan itu dibacakan Yasin dan Tahlil. Selanjutnya dirangkai dengan tausyiah yang bertema kewajiban belajar. Berlangsung pukul 14.30 - 15.45 WIB.
Kedua, kelas 8 E dengan Walikelas Dra. Eva Wahyuda, M.Pd melaksanakan pengajian keliling di Desa Karangbong RT 3 RW 1, Kecamatan Gedangan (rumah orangtua Dedi). Dengan ustad Mokhammad Fauzi, S.PdI, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Yang juga diisi dengan maudhatul hasanah. (Humas SMP PGRI 1 Buduran) 

MPLS Peserta Didik Baru SMP PGRI 1 Buduran

Sidoarjo, 19 Juli 2017

Sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) peserta didik baru SMP PGRI 1 Buduran tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan 3 hari. Hari Senin, tanggal 17 Juli sampai dengan hari Rabu, 19 Juli 2017.
Sebelumnya telah dilaksanakan Pra-MPLS selama 5 hari. Yakni hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu, tanggal 10, 11, 12, 13, dan 15 Juli 2017.
Pada acara.
.... Selengkapnya>>

BERSEMANGAT DAN BERGEMBIRA

Giat Perdana Pramuka Gudep SMP PGRI 1 Buduran Tahun Pelajaran 2017/2018

Kegiatan perdana Gerakan Pramuka Pangkalan Gugus Depan SMP PGRI 1 Buduran (02.59 dan 02.60) tahun pelajaran 2017/2018 dimulai hari Jum'at, 21 Juli 2017 untuk penggalang peserta didik kelas 7, dan hari Sabtu, 22 Juli 2017 untuk penggalang peserta didik kelas 8.
Pada hari Jum'at (21/7), untuk peserta didik kelas 7 dilaksanakan upacara penerimaan penggalang baru (peserta didik baru). Bertindak sebagai pembina upacara Kak Drs. Subari (mewakili pembina kelas 8) dan Kak Drs. Koesmoko (mewakili pembina kelas 7). 
Dilanjutkan dengan acara bergembira, menyanyi, bermain, dan dinamika kelompok. Dipimpin oleh Kak Drs. Subari.
Pada hari Sabtu (22/7) untuk peserta didik kelas 8 dilaksanakan upacara kenaikan tingkat dari penggalang rakit ke penggalang terap. Dengan pembina upacara Kak Lukman Hakim, S.Pd. 
Dilanjutkan acara bergembira, menyanyi, bermain, dan dinamika kelompok. Dipimpin oleh Kak Dra. Lilik Tri Utami.
Menurut Kak Drs. Subari (pembina), kegiatan tersebut merupakan standar dalam kepramukaan. "Supaya adik-adik Pramuka memahami dan terbiasa,"ujarnya.
Sementara itu, Kak Dra. Liliek Tri Utami (pembina) menyebutkan, semua kegiatan diarahkan untuk membentuk karakter peserta didik, khususnya kedisiplinan. Dengan berpedoman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. (Humas SMP PGRI 1 Buduran) 

Meraih Tujuan MPLS, Mengenal Visi dan Misi SMP PGRI 1 Buduran

Sidoarjo, 18 Juli 2017

Hari kedua MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP PGRI 1 Buduran tahun pelajaran 2017/2018 dimulai dengan upacara bendera (pengibaran Sang Saka Merah Putih).
Bertindak selaku pembina upacara Drs. Koesmoko, guru PPKN dan Bahasa Jawa. Dengan petugas upacara peserta didik baru SMP PGRI 1 Buduran.
"Untuk MPLS tahun ini bertema: Kita Indonesia, Kita Berkarakter. Arahnya agar peserta didik menjadi insan yang cerdas dan berkarakter,"katanya.......
Selengkapnya>>

SMP PGRI 1 Buduran Terbaik di Jatim, Runner Up di Tingkat Nasional
Sidoarjo, 15 Juli 2017

PSMP PGRI 1 Buduran masuk nominasi Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional. 
Predikat Sekolah Berprestasi diusulkan oleh YPLP Dasmen PGRI Jatim. Berdasarkan surat YPLP Dasmen PGRI Jatim No. 108/E/YPLP-PGRI/VII/2017.
Pengajuan ini menindaklanjuti surat Pengurus Besar PGRI No. 367/St/PB/XXI/2017.
SMP PGRI 1 Buduran diajukan bersama-sama dengan: TK PGRI Pembina Ponorogo, SMP PGRI 1 Buduran (di Sidoarjo), SMA PGRI 13 Jombang, dan SMK PGRI 3 Malang.
Saat diajukan pada Rapimnas PGRI di Yogyakarta, pertengahan Juli 2017 yang lalu, SMP PGRI 1 Buduran mendapat saingan dari SMP PGRI Semarang dan SMP PGRI Cibinong.
Menurut Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM, dalam penentuan SMP PGRI beprestasi tersebut, SMP PGRI 1 Buduran menjadi runner up (terbaik kedua). Terbaik pertama SMP PGRI Cibinong, dan terbaik ketiga SMP PGRI Semarang.
Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa SMP PGRI 1 Buduran terbaik pertama di Jatim. Menjadi runner up (terbaik kedua) di tingkat nasional dalam lingkup sekolah YPLP PGRI. (Humas SMP PGRI 1 Buduran) 

 

<<Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Next>>


 

 

 

 

  Catatan Bapak Ibu Guru :

 

 > Indra Atma

  • Tekun mencoba tanpa takut gagal

 > Drs. Koesmoko

  • Kesederhanaan dan keunikan dalam menulis, tetapi layak jual

 >