SMP PGRI 1 BUDURAN

Jl. Siwalanpanji No.3 Telp. 031-8961321 Sidoarjo Email: smppgri1sidoarjo79@gmail.com

BERANDA VISI & MISI UNGGULAN P T K MAPEL SERBA-SERBI UJIAN ONLINE

 

 

PENGUMUMAN

AGENDA

ARTIKEL PENA

DOKUMENTASI

TUGAS SISWA

NILAI SISWA

 

  Statistik Pengunjung :

  counter widget

  Bagikan Ke Teman

 
 

 

Artikel Bapak Ibu Guru :

 

IMUNISASI CAMPAK DAN RUBELLA

 

Oleh: Wylla Annika Syahra, AMd.Gz

(Staf UKS SMP PGRI 1 Buduran)

 

Pada hari Sabtu, 16 September 2017, SMP PGRI 1 Buduran mengadakan imunisasi campak dan rubella. Dikhususkan untuk peserta didik yang berusia 15 tahun ke bawah. Mungkin ada yang belum mengetahui apakah imunisasi campak dan rubella tersebut? Apa bahaya dari penyakit campak dan rubella? Bagaimana gejala dari penyakit campak dan rubella? Bagaimana agar terlindung dari campak dan rubella?

 

Mungkin pertanyaan di atas bias muncul dari orang tua peserta didik atau warga masyarakat yang mempunyai anak dan harus mendapatkan imunisasi. Kita sebagai orang tua tentunya  menginginkan anaknya sehat, kuat dan pintar. Saya akan menguraikan tentang imunisasi campak dan rubella berdasarkan dari sumber : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

 

Apakah campak dan rubella? Campak  dan rubella  adalah  penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi campak dan rubella/ yang belum pernah mengalami ini berisiko sangat tinggi tertular.

Apa bahaya dari penyakit campak dan rubella? Campak dapat  menyebabkan komplikasi  yang serius seperti : diare, radang paru peunomia, radang otak, kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian. Rubella adalah penyakit ringan pada anak, tetapi bila menular kepada ibu hamil pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran/kecacatan fisik pada bayi yang dilahirkan.

Bagaimana gejala penyakit campak dan rubella? Campak gejalanya demam tinggi, bercak kemerah-merahan pada kulit disertai batuk, pilek, dan mata merah. Rubella gejalanya berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah, dan nyeri persendian mirip gejala flu.

Bagaimana agar terlindung penyakit campak dan rubella? Supaya terlindung dari penyakit tersebut dengan imunisasi vaksin MR adalah satu vaksin mencegah dua penyakit. Vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak ( Measles =M ) dan rubella (R ) untuk melindungi terhadap penyakit campak dan rubella.

Vaksin MR aman, karena sudah direkomendasi dari WHO dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR sudah digunakan oleh 141 lebih negara di dunia. Imunisasi MR digunakan oleh anak usia 9 bulan-15 tahun. Imunisasi MR sudah termasuk ke dalam jadwal rutin. Efek sampingan dari vaksin MR adalah demam ringan, bengkak ringan, dan nyeri di tempat bekas suntikan, tetapi hal tersebut jarang terjadi setelah 2-3 hari. Orang tua diharapkan memberikan vaksin MR supaya badan anak-anaknya menjadi kebal.

Imunisasi campak dan rubella di SMP PGRI 1 Buduran, meliputi untuk para peserta didik kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 (jumlah 950 anak). Dilakukan oleh Ibu Indar, petugas dari Puskesmas Kecamatan Buduran, dibantu beberapa orang tenaga medis. Ternyata terdapat beberapa peserta didik  yang ketakutan, karena phobia jarum suntik, sehingga menangis. Khusus untuk peserta didik yang sedang sakit demam, tidak diizinkan untuk mengikuti imunisasi campak dan rubella. ***

 

 

<< Kembali